4 Hal Penting Untuk Menjadi Atlet Tembak Sasaran

4 Hal Penting Untuk Menjadi Atlet Tembak Sasaran

Menembak itu mengasyikan. Membidik sasaran dan bila sasarannya kena kita amat sangat terpuaskan. Namun menembak ternyata tidak gampang. Hanya di film layar lebar atau film tv menembak itu gampang. Polisi bisa dengan gampangnya menembak penjahat dari jarak berapapun. Namun di dunia nyata menembak ternyata sangat menguras tenaga. Seorang atlet menembak mengatakan, ” Menembak selama satu jam empat puluh lima menit itu sama saja membongkar seluruh isi kamar dan kemudian memindahkanya ke kamar yang lain.

5 Hal Penting dalam Tembak Sasaran:

  1. Fisik yang prima
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Tidak merokok dan Tidak minum kopi
  4. Berlatih serius terus menerus

1. Fisik Yang Prima

Anda Mungkin tertawa, menembak kok memerlukan fisik yang prima. Ini benar. Pasalnya setiap kali anda bertanding, paling tidak dibutuhkan waktu satu jam empat puluh lima menit untuk tetap fokus dan tetap segar membidik. Satu kali bertanding atlet harus membidik paling tidak 60 kali tembakan. Artinya, mengangkat tangan enam puluh kali dengan beban satu jikogram lebihm pistolnya, kemudian konsentrasi – menahan nafas – menarik pelatuk.

2. Sehat Jasmani dan Rohani

atlet-tembak-sasaran-yang-handal

Menembak adalah olah raga yang sangat dekat dengan sesuatu yang membahayakan yakni pistol. Siapapun yang berada di dekat pistol, harus mempunyai daya pikir yang sehat secara rohani dan jasmani. Bila tidak, pistol akan menyalak dan justru membahayakan orang lain. Memegang pistol terkadang seperti memegang kekuasaan. Pistol adalah senjata dan orang lain harus tunduk, karena pemegang pistol bisa melukai orang. Di lapangan tembak sikap seperti ini tidak boleh muncul bagi setiap penembak. Siapa memegang pistol maka dia harus bertanggung jawab dan waspada. Umumnya, pistol yang terisi dan terkokang harus segera ditembak, tidak boleh diletakkan sembarang. Laras pistol harus selalu mengarah ke bawah atau ke dalam lapangan, bila tidak sedang digunakan. Inilah mengapa dibutuh jiwa yang sehat jasmani dan rohani.

3. Tidak Merokok dan Minum Kopi

Tidak merokok dan minum kopi adalah wajib bagi seorang penembak. Karena rokok dan kopi bisa membuat detak jantung dan tekanan darah tidak beraturan. Ini berkaitan dengan saat membidik. Bila tangan gemetar maka sasasarn akan sulit untuk di dapat. Untuk itu Rokok dan Kopi adalah dua hal yang selalu dihindari oleh seorang penembak yang baik. Karena membuat badan gemetar dan tidak tepat sasaran.

4. Berlatih Serius dan terus menerus

Berlatih secara terus menerus merupakan kunci suksesnya seseorang menjadi penembak yang baik. Memang ada penembak yang disebut “Natural Born Killer”. Penembak yang dari sononya punyai “gift” dan instingnya tajam, tembakannya selalu tepat sasaran. Namun untuk konsitensi dalam menembak. maka para atlet atau calon atlet harus berlatih terus menerus.

Related posts

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
newest oldest most voted
trackback

[…] para tetangga memutuskan untuk mencari secara swadaya hingga larut malam. Rough Goppul Night Wooly sejak dahulu sudah dikenal […]